BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 12 November 2009

biSNis sTudiO MusiK

berbisnis rental studio musik ini sama dengan bisnis jasa lainnya. Fasilitas tempat, akses ke lokasi, pelayanan konsumen, kualitas alat yang disediakan, dan lain-lain. Dengan kata lain, jika ingin berbisnis ini awali dengan keseriusan, karena ini melibatkan uang dan jumlahnya tidak sedikit.

1. Lokasi
Mungkin anda bisa memanfaatkan sebagian ruangan di tempat tinggal anda untuk dijadikan studio musik, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. strategis kah ? kira-kira market/konsumen mana yang jadi sasaran |? dekat dengan keramaian umum kah ? kira-kira tetangga ada respon negatif tidak ? ada tempat parkir ? minimal untuk motor, karena di Indonesia pengguna motor lebih banyak dari pada semut di ladang.

2. Spesifikasi Alat
Seperti yang pernah saya beritahukan via sms, komentar, email, verbal, dan telepon. Menurut saya spesifikasi studio rental musik dibagi menjadi 3 kategori besar ;

- Spesifikasi alat lokal
Bisa saja anda beranggapan untuk memilih semua alat-alat anda lokal saja, karena anda berasumsi dengan kondisi daerah anda bukan daerah yang lebih memperhatikan kualitas tapi lebih memperhatikan segi ekonomisnya, dalam hal rental alat musik yach ? Atau seperti biasa karena budget yang terbatas, jadi anda "memaksakan" dengan dana yang ada.
- Spesifikasi alat lisensi
spesifikasi ini lebih banyak "mengilhami" karena selain tidak mengenyampingkan kualitas dari segi harga untuk beberapa kalangan sudah masuk daftar mereka.
- Spesifikasi alat build up/original
Yang satu ini sepertinya tidak perlu dipertanyakan kembali mengenai kualitas, tinggal keselarasannya saja. Jangan mentang-mentang budgetnya setinggi burung camar terbang di udara, menyediakan barang tanpa perhitungan yang matang. Keselarasan dari alat-alat juga menurut saya lebih jauh harus diperhatikan. Misalkan ; untuk lead ampli gitar Marshall JCM 900, untuk rhytem juga tidak mau kalah menggunakan Marshall JCM 900.

3. Manajemen
Penting, untuk mempunyai sistem manajemen yang rapih dan canggih dalam sebuah usaha rental studio musik. Canggih ini bukan berarti melibatkan blackberry, laptop atawa lainnya. Tapi sistem manajemen yang bisa mengatur pengeluaran dari studio musik ini.
Seperti kita ketahui bahwa operasional memerlukan biaya, misalnya listrik dan telpon (telpon penting loh, minimal handphone minimal untuk konsumen baru yang menanyakan alamat jelas studio atau booking tempat lah....) dan dalam hal biaya perawatan ; cadangan snar gitar, stick drum, atau cadangan cymbal siapa tahu dapat pelanggan yang baru bisa mukul cymbal langsung retak ?!
Semua diatur dalam satu manajemen yang teratur.

4. Budget
nominal untuk rental studio alat musk, tapi nominal ini bisa berubah sesuai lokasi dan sesuai dengan kurs uncle sam yang berlaku.

Beberapa hal yang perlu dan penting diperhatikan untuk bertahan dalam bisnis rental studio musik.

1. Selalu utamakan konsumen adalah Raja.
Perlakukan seistimewa mungkin dan tegur seramah mungkin. Sering memang stick drum patah oleh pada penyewa rental, bukan berarti kita berhak untuk marah-marah. Sering terjadi skin snare bolong karena penjiwaan lagu dengan beat menggebu-gebu kita berhak untuk ngomel-ngomel. Bagaimana pun juga penyewa mengeluarkan koceknya untuk menyewa studio musik mengasah keterampilan mereka dalam bermain musik. Di sini perlu disusun aturan mainnya, jika ada peralatan yang rusak tidak disengaja maupun disengaja, pemilik alangkah baiknya menempelkan aturan-aturan mainnya di tempat yang mudah dilihat.

2. Pemeliharaan Barang
Penting sekali untuk meremajakan peralatan studio musik secara berkala, minimal maintenance-nya. Skin pada drum jika memang sudah tidak bisa mengeluarkan suara yang diinginkan bisa di ganti atau minimal di”tunning” ulang. Snar-snar pada gitar untuk diremajakan agar tetap dalam konsidi bagus. Perawatan kebersihan pada alat dan instrument lebih baik jika dilakukan 1 jam sebelum studio rental dibuka.

3. Beriklan
Secara bertahap menyebarkan iklan dan promosi studio musik berupa selebaran-selebaran di sebar langsung di jalan atau di tempel di tempat-tempat yang sering dikunjungi. Sekolah, Kampus, Wartel dan kalau perlu di pinggir-pinggir jalan juga bisa. Dan jangan lupa sebarkan iklan-iklan tersebut sesuai dengan waktunya. Misalkan menjelang liburan atau menjelang malam minggu. Promosi ini hukumnya wajib untuk dilaksanakan minimal sebulan sekali, jangan menganggap kegiatan ini hanya buang-buang uang saja. Sebetulnya tidak, cara ini efektif untuk mencari langganan baru.
Sediakan juga stiker untuk dibagikan kepada para penyewa, trik lama ini sebetulnya sangat efektif, beneran dech ! suwer! apalagi jika sticker yang kita buat sangat menarik.

4. Program dan Diskon
Adakan selalu program diskon-diskon yang menarik. Misalnya; tiga kali menyewa studio minmal 2 jam akan diberikan gratis 1 jam penuh. Atau minimal 3 jam sewa akan diberikan free softdrink. Bisa juga minimal 3 jam sewa akan dapat voucher yang dikumpulkan sampai 10 voucher bisa ditukarkan dengan 1 jam sewa gratis. Apa saja dan bagaimana saja caranya.

TAHAP PERSIAPAN & MODAL

  • Setidaknya Anda memiliki minat/kegemaran di dunia musik, sehingga Anda tidak terlalu gaptek jika ada perkembangan baru seputar dunia musik.
  • Carilah tempat penjualan alat musik yang murah dan berkualitas baik.
  • Utamakan membeli peralatan musik yang standar digunakan diantaranya : gitar, bass, drum, organ/piano.
  • Siapkan biaya untuk renovasi tempat studio, buat semenarik dan senyaman mungkin dan kedap udara. Karena dengan tempat yang nyaman, pelanggan akan merasa betah sehingga akan memperpanjang waktu sewa mereka.
  • Biaya operasional kerja, seperti kebutuhan untuk administrasi, biaya listrik, biaya pemeliharaan alat, gaji pegawai dsb.
  • Pengetahuan teknis tentang peralatan musik, dapat menghemat biaya perawatan alat musik Anda. Jika saja pengetahuan Anda pas-pasan, paling tidak Anda memiliki tenaga / tempat servis yang dapat dipercaya untuk mengatasi kerusakan/gangguan pada peralatan.
  • Buatlah brosur semenarik mungkin, dan sebarkan di lingkungan anak-anak sekolah (SMP/SMU) dan lingkungan kampus karena kebanyakan pengguna studio musik adalah seusia mereka.
TIPS MENJALANKAN USAHA

Dalam menjalankan sebuah usaha, tentunya Anda harus pintar-pintar dalam mengelola dan mempertahankan eksistensi usaha Anda agar dapat berkembang dengan baik. Berikut tips dari saya mengenai usaha studio musik ini..
  • Buat rencana bisnis ini dengan matang dan sebaik-baiknya sebelum Anda memulainya. Anda tidak mau modal Anda yang cukup besar ini sia-sia bukan??
  • Selalu perhatikan alat-alat musik yang Anda sewakan, ketahui juga penggunaannya. Jangan sampai ada pelanggan yang tak bertanggungjawab merusak peralatan Anda.
  • Anda bisa memasang kamera pengintai dalam studio, sehingga tenaga operator Anda dapat selalu mengawasi penggunaannya.
  • Buatlah aturan penyewaan studio musik. Baik sewa harga per-jamnya, kapasitas orang yang boleh masuk ke studio, aturan di dalam studio dll.
  • Berikan pelayanan yang terbaik pada semua pelanggan.
  • Seiring waktu, lengkapi peralatan yang terbaru dan digemari.
  • Berikan fasilitas tempat kendaraan pelanggan yang aman. Agar pelanggan benar-benar puas terhadap pelayanan studio musik Anda.

0 komentar: