BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 16 November 2009

Bisnis Ikan Hias


Indonesia memiliki banyak jenis ikan hias, baik air tawar maupun air laut. Untuk air tawar saja tak kurang dari 3.500 spesies. Hal ini menyebabkan pasar ikan hias di Indonesia tak pernah jenuh. Namun, karena budidaya yang kurang memadai dan infrastruktur yang kurang mendukung, Indonesia belum menguasai pasar ikan hias dunia.

Saat ini, pangsa pasar ikan hias terbesar masih dipegang Singapura dengan persentase sebesar 22,8 persen. Yang kedua dipegang Malaysia dengan persentase sebesar 7,9 persen. Indonesia berada pada urutan ketiga dengan persentase sebesar 7,5 persen. Kelebihan Singapura terletak pada tersedianya fasilitas penerbangan dan pelabuhan yang memadai untuk
pengiriman ikan hias langsung ke negara tujuan. Ya benar, Singapura hanya negara pengepul ikan dari negara-negara tetangganya, termasuk dari Indonesia.

Besarnya potensi dalam bisnis ikan hias ini juga sangat dirasakan Imam Syafi’i. Ia adalah petani ikan hias di daerah Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan. “Ada emas di sini,” katanya. Namun, ia juga mengungkapkan bahwa menjalankan bisnis ikan hias itu perlu ketangguhan dan ketahanan mental.

Bagaimana cerita Imam Syafi’i menggeluti bisnis ikan hias ini sampai menemukan emas di dalamnya?

ikhtiar_5_ed27Memanfaatkan Kemampuan
Setelah lulus dari jurusan Perikanan IPB, ia mencoba memanfaatkan kemampuan yang dimiliki untuk membuka usaha sendiri. Langkah ini dipilih Imam karena tawaran pekerjaan yang ia terima tak satu pun menarik. Selain itu, perusahaan yang ingin mempekerjakannya berada di luar Jawa yang jauh dari tempat tinggalnya. Kebetulan juga, masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya banyak yang bertani ikan. Dengan modal seadanya, ia membudidayakan ikan lele di tempat tinggalnya, Bogor, Jawa Barat.

Lama-kelamaan ia mengenal ikan hias, namun belum tahu potensi yang besar di bisnis ini. Baru setelah ia bertemu kakak angkatan waktu kuliah dulu, potensi itu terungkap. Kebetulan kakak angkatannya itu bekerja di salah satu instansi yang mengurus karantina ikan hias.

Mulailah ia membudidayakan ikan hias, meski tak punya modal besar. “Awalnya saya kontrak 42 akuarium,” kisahnya. Segala macamnya ia kerjakan sendiri karena masih belum punya karyawan. Mulai dari pemeliharaan induk, menetaskan telur-telurnya, dan merawat anak ikan sampai ukuran yang layak jual, ia upayakan sendiri.

ikhtiar_4_ed27Bak gayung bersambut, Imam bertemu seorang investor yang menawarinya untuk mengembangkan bisnis ikan hias. Ia kemudian mendirikan Exofauna Aquatic di Pondok Cabe. Modal besar yang ia terima ternyata membawa tantangan yang besar juga. Jenis ikan yang dulu ia kembangkan di Bogor ternyata tak sesuai dengan kondisi lingkungan di Pondok Cabe.

Dua tahun pertama ia mengalami kondisi yang sulit. Ikan yang dibudidayakan tak bisa mendatangkan hasil yang signifikan. “Boleh dibilang, dua tahun pertama itu saya tak hidup,” kata bapak dua anak itu. Dari ribuan telur yang dihasilkan, hanya sedikit yang menetas. Dari yang menetas, hanya sedikit yang bisa hidup. Dari yang hidup itu, hanya sedikit yang bisa dijual. Induknya juga banyak yang mati.

Kondisi yang sulit itu tak membuatnya putus asa. Lagi-lagi, ia memanfaatkan ilmu yang dipelajarinya saat kuliah di perikanan dulu. “Kami dididik waktu sekolah dulu untuk belajar meneliti dan menganalisa letak kesalahannya.” Ia mulai melihat faktor-faktor yang berpengaruh, mulai dari kondisi air sampai pada perawatan anak ikan yang layak jual.

Akhirnya ia menemukan masalah utamanya. Jenis ikan yang dulu dikembangkannya tak sesuai dengan kondisi dan kualitas air tanah Pondok Cabe. Dari situlah ia mulai mencari jenis ikan yang paling cocok. Dan bertemulah ia dengan Corydoras, jenis ikan hias yang juga banyak diincar konsumen dari luar negeri.

Setelah ketemu ikan yang cocok untuk dikembangkan, ia menyusun standar pengelolaan, menyiapkan sumber daya manusia, dan mengatur bisnisnya. Sekarang, ia sudah memunyai lima pegawai. Empat orang di bagian lapangan, dan satu orang yang membantunya mengurus administrasi.

Bisnis itu Bekerjasama
Semakin berkembang, semakin banyak pula rekanan yang harus dibina Imam Syafi’i. Selain membudidayakan ikan untuk diekspor, suami Rimbawani itu juga mengembangkan pasar dalam negeri. Banyak kios-kios ikan hias yang membeli ikan padanya. “Langganan saya, kios-kios ikan mulai dari Pamulang, Ciputat, Legoso, sampai ke Cinere. Ada juga di wilayah BSD.”

Salah satu kunci yang turut mempermudah langkah Imam Syafi’i menjalankan bisnis ikan hias adalah membina kerjasama yang baik dengan rekanan-rekanan bisnisnya itu. Selain dengan kios-kios ikan dan pengekspor, ia juga membina hubungan yang baik dengan para petani pemasok ikan.

Cara bekerjasama yang diterapkan Imam dengan kios dan pengekspor adalah dengan memberi jaminan mutu. Ikan yang dijual harus bisa dipastikan dalam kondisi baik. Tidak dalam keadaan sakit. Packaging-nya pun juga harus baik agar bisa dilihat kondisi ikan di dalamnya.

Dengan para petani pemasok, ia menerapkan standar baku yang ketat. Ukuran ikan dan kesehatannya harus sesuai dengan standar itu. Namun Imam tak menerapkan standar itu secara serta-merta. Sebelum para petani dikenai standar mutu, Imam memberi pengarahan, bahkan memandu mereka. Ia juga membantu pengadaan induk secara cuma-cuma. “Sifatnya pinjam,” katanya. Karena, dengan sistem meminjam itu, petani lebih perhatian merawat induk-induk itu, “Mereka tahu bagaimana kewajiban orang meminjam itu.”

Dengan gaya bisnis seperti itu, Imam bisa menikmati hasil yang cukup besar. Ia bisa rutin memasok eksportir untuk dikirim ke luar negeri. Pasar dalam negeri juga berhasil ia kembangkan meski saat ini baru konsentrasi di Jakarta Selatan dan sekitarnya. Ke depan, Imam ingin lebih banyak membina petani ikan dan membuka pasar yang lebih luas lagi. « [imam]
Tips Bisnis Ikan

  1. Modal nomor satu adalah kejujuran. Misalnya ketika menyampaikan laporan keuangan bisnis kepada investor, sebenarnya tanggungjawab pelaporan itu tak hanya kepada investor saja, tetapi juga kepada Allah swt
  2. Memiliki etos kerja. Tak mudah menyerah saat mengalami kekagalan. Terus-menerus belajar dari kegagalan untuk hasil yang lebih baik.
  3. Membina kerjasama yang baik dengan rekanan.

Bisnis Tanaman Hias



Bunga memiliki sebuah gaya tarik natural yang luar biasa tetapi bunga juga punya gaya tarik material yang tidak kalah hebatnya. Bisnis tanaman hias adalah sebuah kekuatan baru yang mampu memberi warna pada peta bisnis di Indonesia. Tercatat lebih dari 1000 pembisnis yang bermain pada area ini. Bisnis tanaman hias atau Bunga Hiasan memang mencakup segmen yang relatif luas. mulai kalangan bawah, menengah sampai atas pun ada di bisnis ini.

Berbisnis bunga hias memang bukan jenis usaha baru di kalangan masyarakat. Hanya dengan membeli puluhan anak tanaman hias dengan harga miring, merawatnya dengan telaten, lalu tinggal menunggunya selama beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun bagi jenis tanaman tertentu, harganya bisa melonjak menjadi berpuluh kali lipat. Kemudian pebisnis tinggal meraup untung yang lumayan jumlahnya.

Bila belum memiliki pengetahuan mengenai usaha ini, sebaiknya tidak terburu-buru membuka usaha tanaman hias. Karena kunci keberhasilan utama bisnis ini adalah ketelatenan. Ini karena pemilik usaha harus merawat tanaman hias yang hendak dijual agar bisa ditawar dengan harga tinggi.

Kalau mau cepat berhasil,

pelaku usaha tanaman hias harus mau belajar dan berani salah. Tanpa itu, mustahil bisa menemukan cara terbaik merawat tanaman hias. Bila sampai salah memperlakukan tanaman, misalkan dengan terlalu banyak berikan pupuk atau air. Tentunya tanaman hias yang akan dijual akan kehilangan keindahannya.

Karena itulah biasanya, penjual tanaman hias biasanya diawali dari hobi. Setelah berhasil memperbanyak sejumlah tanaman hias, barulah di jual kepada masyarakat. Dengan begitu, dana yang dikeluarkan relative sedikit. Karena untuk membeli bibit tanaman ‘perumahan’ paling mahal Rp10.000. setelah dikembangkan, hanya dalam empat minggu saja tanaman hias tersebut digandakan menjadi beberapa tanaman hias baru. Ketika usianya sudah dua bulan, harga satu tanaman hias tersebut bisa dijual Rp3000.

Pemilihan lokasi penjualan tanaman hias akan sangat mempengaruhi target pasar. Tentunya hal itu akan berimbas pada jenis tanaman hias yang dijual. Kalau dijual di jalan-jalan itu berarti pangsa pasarnya adalah masyarakat kelas menengah. Tanaman hias yang dijual harganya biasanya di bawah Rp500 ribu. Kalaupun menyediakan tanaman hias yang harganya diatas itu, jumlahnya relative terbatas.

Kalau kualitas tanaman hias yang dihasilkan relative baik, tanaman hias tersebut bisa dijual ke daerah lain atau bahkan Negara lain.

ntuk membuka usaha bunga dekorasi atau Papan Bunga, minimal memerlukan dana sebesar Rp50 juta. Dana tersebut dipergunakan untuk membeli berbagai kebutuhan seperti alat dekorasi bunga, lemari, vas bunga, serta berbagai contoh bunga seperti Bunga Matahari, anggrek, dan bungan lainnya ntuk diperlihatkan kepada calon pembeli.

Jumat, 13 November 2009

Bisnis Aksesoris Wanita

Saat ini tiap wanita baik anak-anak, remaja, pemudi, maupun dewasa dalam berpenampilan tidak terlepas dengan pemakaian aksesoris-aksesoris yang beraneka ragam.
Perubahan mode yang begitu pesat di bidang fashion, dimana para remaja (di lingkungan sekolah atau universitas) bahkan orang dewasa ingin selalu tampil modis di segala situasi (di lingkungan kerja atau di event-event tertentu) dan selalu up to date dalam mengikuti trend mode yang sedang booming.

Kunci Sukses Usaha Aksesoris Wanita

1. Tempat yang strategis di daerah kampus, sekolah, dan pusat hiburan atau pusat perbelanjaan.
2. Tempat yang nyaman dalam berbelanja atau memilih aksesoris yang di-display (toko aksesoris, misalnya toko dompet, dsb).
3. Pelayanan kepada pelanggan yang baik dan memuaskan.
4.Tempat usaha (tempat jual aksesoris) didesain sedemikian rupa, unik, dan menarik pelanggan untuk singgah bahkan sampai membeli.
5. Harga terjangkau.
6.Terdapat berbagai program diskon (aksesoris murah) untuk event-event tertentu, misal: kenaikan kelas, lebaran, natal, tahun baru, dan event khusus lainnya yang disediakan toko aksesoris.
7. Packing yang menarik.

Layanan Tambahan Yang Perlu Disediakan Dalam Usaha Aksesoris Wanita

1 Layanan pembungkusan kado
2 Layanan consumer member
Dengan member ini konsumen akan mendapatkan informasi berupa katalog mengenai women's stuff baru yang sedang trend yang telah tersedia di outlet, katalog tersebut bisa dikirim melalui pos atau melalui email. Dan bahkan terdapat diskon tertentu bagi yang mendaftar sebagai member. (misal: Jual Dompet, Jual Tas, Jual Aksesoris, Tas Murah, Dompet Murah)

Usaha Aksesoris Wanita

Usaha Aksesoris Wanita ini menyediakan aksesoris wanita dengan berbagai jenis, ukuran, dan bahan dengan model terkini, harga yang relatif terjangkau (aksesoris murah), performa karyawan yang baik dan menarik, dan sistem kerja yang efisien. Interior ruangan juga menarik dilihat dan ruangannya nyaman untuk pelanggan. Usaha aksesoris wanita / women's stuff ini menyediakan berbagai jenis aksesoris seperti cincin, gelang, kalung yang terbuat dari mote atau plastik yang berwarna-warni, anting-anting dengan berbagi model, ikat pinggang, scarf, topi dengan berbagai gaya, berbagai aksesoris untuk memperindah rambut, jual dompet (apalagi kalau modelnya bagus dan harga dompet murah) dan sebagainya. Peralatan-peralatan standar usaha aksesoris wanita yang harus disediakan adalah sebagai berikut :

1. Beberapa barang untuk awal pembukaan
2. Seragam untuk karyawan
3. Pin untuk karyawan
4. Banner
5. Spanduk
6. Brosur


kiat bisnis aksesoris remaja

Usaha aksesoris Perhiasan Wanita ini mengakomodari kebutuhan wanita dan remaja untuk selalu tampil modis, trendi, dan up-to-date. Oleh karena itu, usaha ini selalu berhubungan dengan tren terkini, khususnya tren di dunia fashion.

Karena
Model Perhiasan begitu beragam seperti Cincin Perhiasan dan Batu Perhiasan, anda harus menentukan terlebih dahulu segmen pasar yang hendak dituju, apakah remaja/wanita dengan taraf ekonomi/tingkat pendapatan tinggi, sedang atau rendah.

Dengan begitu anda bisa menentukan dengan tepat tempat usahanya, yaitu sekedar di garasi rumah saja, menyewa ruko di kompleks perumahan, atau menyewa kios/toko di mal.

Aksesoris untuk wanita dan remaja (Girls Jewellery) meliputi:
Aneka perhiasan wanita : Girls Jewellery seperti gelang, kalung, anting, model cincin, jepit dan ikat rambut, bando serta pita dengan aneka model dan bahan.

Pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan:-Sumber barang mendapatkan beragam produk dengn harga murah/grosir dan kalau bisa konsinyasi. Survey beberapa tempat sekaligus kemudian bandingan harga dan biaya transportasi untuk mencapai tempat tersebut.-Cara menata toko perhiasan wanita agar bisa memajang aneka produk, tetapi tetap terlihat menarik dan mudah mencari barang-barang yang diinginkan.

Modal Yang Di perlukan:
-Lokasi yang strategis, tetapi tidak perlu terlalu besar. Anda bisa juga menyewa kios di mal dengan ukuran 3 x 3 m atau 4 x 4 m jika keuangan anda memungkinkan. Pemilihan tempat tentu saja tergantung dari barang dan target sasaran pembeli dan Stok aneka aksesori

Kiat menjalankan usaha
-Tata tempat usaha semenarik mungkin agar pembeli tertarik. Umumnya remaja menyukai warna yang cerah dan ekspresif.Jangan lupa selalu mengikuti tren untuk memastikan produk-produk terkini yang sedang digemari selalu ada "lebih dulu" di toko anda.

Strategi promosi
-Pakai aksesori buatan sendiri di setiap kesempatan (perhiasan wanita). Usahakan serasi dengan baju dan tas yang anda kenakan sehingga terlihat trendi dan membuat orang tertarik untuk bertanya “Aksesorinya bagus deh. Beli dimana?

Berbisnis Kolam Pemancingan Ikan

http://wb9.itrademarket.com/pdimage/08/1531408_pemancinganmini.jpgApapun yang dikerjakan, bila ditekuni dengan baik dan benar tentu akan menuai hasil yang besar. Setidaknya, begitulah kiat bisnis yang dilakoni jika ingin jadi pengusaha sukses. Misalnya saja jika ingin menjadi pengusaha sukses bisnis pemancingan kolam ikan.

Bisnis pemancingan kolam ikan sekarang telah menjadi tren bagi semua kalangan, bukan saja untuk para penghoby memancing, tapi sekarang telah merambat untuk semua orang. Kenapa seperti itu? Iya karena memancing dikolam siapa saja bisa melakukannya. Dengan memancing di kolam pancing, setiap orang akan dapat dengan mudah memancing ikan tanpa trik dan keahlian khusus, karena biasanya para pemilik kolam akan menyediakan ikannya dalam keadaan lapar sehingga mudah untuk dipancing. Jadi semua orang bisa memancing dengan tidak harus bersusah payah dan kepanasan untuk mendapatkan ikan.

Jika kita bisa melihat peluang dan prospeknya, bisnis kolam pemancingan bisa menjadi bisnis yang menggiurkan dan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan. Pengelolaan bisnis kolam pemancingan ini relatif cukup mudah dan persaingannya tidak terlalu ramai. Kolam pemancingan banyak sekali penggemarnya mulai saja dari penggemar mancing, keluarga yang butuh rekreasi, anak-anak muda, orang yang senang hobi memancing dan banyak lagi kalangan lain yang meminatinya. Lantas apa yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha ini??

Untuk memulai sebuah bisnis kolam pemancingan maka yang harus disiapkan:

  • kita harus memliki tempat usaha yang cukup luas. Bisa saja kita bekerjasama dengan pemilik lahan dan menreapkan sistem sewa. Kalau bisa lokasi mudah dijangkau dan berada di tempat strategis untuk memudahkan konsumen melihat dan mendatangi tempat kita. Bisa saja kita membeli kolam jadi ataupun kalau tidak kita bisa membuat kolam terlebih dahulu. Setelah ada beberapa kolam maka kita bisa mengisi bibit ikan antara lain ikan mas, bawal, gurame, patin ataupun nila.

Jika kita ingin cepat memulai maka masukkan saja ikan yang besar sehingga dapat menarik minat konsumen.Untuk kelangsungan usaha maka kita memerlukan karyawan antara lain untuk penjaga dan bila kita menyatukan usaha tersebut dengan rumah makan maka tentunya kita perlu koki dan pelayan, Karena tidak mungkin kita menjalankan dan mengerjakan bisnis itu sendiri tanpa bantuan orang lain.

Tarif pembayaran di kolam pemancingan bisa dihitung dari berat ikan yang diperoleh saat memancing atau bisa juga tarif dihitung dengan tarif kolam harian. Misalnya jika menerapkan tarif hasil ikan yang diperoleh, Tombro per kilogram Rp 23.000, Nila Rp 21.000 dan Lele Rp 16.000 per kilogram. Dan jika menerapkan tariff kolam harian yaitu pemancing hanya bayar tiket berkisar Rp 15.000 – Rp 50.000 berapa pun banyaknya ikan yang dibawa.

Bisnis ini sangat mudah dijalani, dengan hanya bermodal lahan untuk memancing dan bibit ikan atau ikan, kita sudah dapat menjalankan bisnis ini. Tempatkan lahan usaha anda di tempat yang strategis dan mudah dijangkau. Berikan sedikit atmosfir yang berbeda dari tempat pemancingan lainnya, misalnya anda dapat mendirikan rumah makan sekaligus tempat rekreasi yang berdampingan dengan tempat usaha pemancingan anda.

BisNis KonTer HP

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCntaxDL5cU3pnu9ceqJTWEocHhrwkvucHpx-7ggDFvFUCnbAIYb4mkQi7WwfG2ambDl4XPqj9LRqwAl0qGpwACNYgPDiBTWpubCLd9H5P6_O1m2kvJI_tFbFWa1VagLgsK0FjoPA68a0/s320/devis+2.JPGJumlah pengguna handphone (hp) atau telepon genggam terus saja bertambah. Kebanyakan dari pengguna ini memakai kartu prabayar, dan memerlukan pengisian pulsa. Nah, seiring pertumbuhan pengguna hp ini, konter selular alias tempat pengisian pulsa juga terus bermunculan. Mengapa Anda tidak menjadi salah satunya? Ternyata gak susah kok membuka konter selular plus servis hp.
beberapa tahap persiapan yang mesti dilakukan sebelum membuka konter selular, diantaranya:

1. Mengenali produk yang akan dijual
Produknya apa saja dibidang selular? Pertama itu voucher (isi ulang) dan sudah menjadi makanan pokok pengguna hp. Kedua, handphone bisa baru atau seken. Ketiga aksesoris bisa casing, gantungan, sarung, lampu atau seputar aksesoris lainnya. Keempat, ringtone atau download gambar. Kelima, servis. Ini sangat penting untuk layanan purna jual, kalau orang beli hp dari kita.

2. Pemilihan lokasi
Lokasi bisa dilakukan di mall, toko pinggir jalan, atau bahkan di rumah sendiri.

3. Harga dan papan harga
Papan harga memang menjadi daya tarik pembeli untuk melihat outlet kita.
Kalau dirasa harga yang dipasang lebih rendah atau relatih murah, maka dijamin pembeli mau mampir.
Sebenarnya rata margin penjualan voucher fisik eceran ini antara seribu sampai tiga ribu rupiah saja.
Rata-rata marginnya 2 ribu rupiah per voucher.
Untuk daerah perumahan yang jarang pesaing atau daerah yang jauh dari distribusi voucher, kita bisa mengambil keuntungan 3 ribu.

4. Spanduk
Spanduk, umbul-umbul dan pajangan merupakan daya tarik pembeli.

5. Supplier
Bila tempat sudah ditentukan, pertanyaan yang cukup penting adalah dimanakah memperoleh voucher? Carilah diler atau grosir, bisa Anda temukan di mall-mall.

6. Modal
Keperluan modal ditentukan oleh seberapa besar outlet Anda. Untuk ukuran sedang, modal berjalan bisa berkisar 5 sampai 10 juta. Namun untuk memulai, modal berjalan 1 sampai 3 juta sudah cukup. Diluar modal berjalan, masih diperlukan modal lain untuk melengkapi toko.

7. Etalase
Ukuran etalase harus disesuaikan dengan lebar kios atau design outlet kita. Ukuran yang standard sekitar 1,5 meter. Bisa didapatkan di took kaca atau alumunium.

8. Aksesoris
Harga aksesoris selular grosir sangatlah murah. Dengan modal 300 ribuan kita sudah bisa membuat sebuah etalase penuh dengan aksesoris. Memang kebutuhan konsumen akan aksesoris tidaklah sebesar voucher, namun bila laku, untungnya pun lumayan.

Voucher isi ulang
Menangkap peluang bisnis dari perkembangan jumlah pelanggan selular adalah hal mudah, itu bagi orang yang memang jeli. bisnis pulsa/voucher hp di Yogyakarta saja setahunnya mencapai satu triliun rupiah!

Penjual voucher hp pun sudah merambah hingga ke perumahan-perumahan, bukan lagi hanya di mall, pertokoan, pusat perbelanjaan saja. Apa penyebab mewabahnya penjual voucher? Menurut Masbukhin Pradhana, pemilik 5 konter selular dan pengajar di Enterpreneur University, keterbukaan akses penjualan voucher dan merebaknya outlet grosir sampai ke daerahlah penyebab makin merebaknya bisnis ini. Tidak bisa dipungkiri, bertambahnya jumlah pemakai handphone pun ikut menyuburkan bisnis ini.
Jenis voucher

Ada beberapa jenis voucher isi ulang, ada yang berbentuk kartu, ada yang berbentuk print out di selembar kertas dan ada yang berupa elektrik. Menurut Masbukhin, voucher fisik (yang menggunakan kartu) biasanya bernilai nominal lebih besar. Dengan memperhitungkan ongkos cetak, tentu kurang ekonomis kalau membuat kartu dengan bernilai kecil.

Perbedaan harga meski kecil sekalipun, misalnya Rp1.000 saja mempengaruhi niat pembeli. Untuk mensiasati agar harga voucher semurah-murahnya dengan nominal kecil, misalnya pulsa Rp25.000 disiasati dengan dimunculkannya e-pay dan elektrik.

Masbukhin menambahkan, harga voucher elektrik dan e-pay bila dibandingkan dengan voucher fisik biasanya relatif lebih murah. Penjual pun senang menjualnya karena dengan modal kecil, untung penjualan voucher bisa sama dengan yang nominalnya besar.

Adapun jenis-jenis voucher sebagai berikut:

1. Voucher fisik. Voucher ini dicetak khusus dengan nomer seri dan nomer
sandi/kode/password sesuai besaran pulsa. Voucher ini biasanya bernilai nominal mulai Rp25 ribu.

2. Voucher e-pay (electronic payment). Voucher ini berbentuk kertas dan dikeluarkan oleh operator tertentu seperti Mentari, IM3, Fren, Flexy, dan lainnya. Nilai nominal voucher e-pay ini biasanya bilangan kecil antara 5 ribu s/d 25 ribu. Voucher ini hanya berupa kertas yang dicetak/print, dilengkapi nomer seri dan nomer kodenya terbuka.
Untuk membeli voucher ini memang harus berhati-hati karena kodenya yang tidak ditutup, sehingga memungkinkan orang-orang yang tidak dikehendaki mengintipnya.

3. Voucher Elektrik. Voucher ini tidak berbentuk kartu atau kertas. Voucher ini hanya berupa pengaktifan kode elektonik yang hanya bisa dilakukan oleh perangkat elektronik telekomunikasi dengan bantuan server. Voucher elektrik ini pada akhirnya bisa dipakai dalam berbagai bentuk bisnis seperti kerjasama dengan perbankan dan pembeliannya lewat ATM. Bisa juga bentuk pulsa ini dipakai bisnis MLM voucher.

Tips Berjualan Pulsa / Voucher Elektrik

Ketika mulai berbisnis pulsa elektrik maupun voucher fisik, beberapa hal penting hartus diperhatikan, agar Anda tidak kehilangan pembeli/pelanggan. Berikut tips ketika Anda berjualan pulsa elektronik ataupun voucher.
  1. Jika bertransaksi elektronik, sebaiknya perhatikan betul2 nomor yang akan dikirim. Kesalahan dikit aja bisa rugi deh.
  2. Kalau ada keterlambatan pengiriman, jangan langsung mengambalikan uang tapi konfirmasi dulu ke pihak operator.
  3. Bila keterlambatan lebih dari satu menit, suruh pembeli memeriksa pulsanya apakah sudah masuk atau belum.
  4. Periksa sisa saldo setelah melakukan transaksi.
  5. Untuk voucher fisik, perhatikan masa aktif kartu jangan sampai masa berlakunya habis.

Kamis, 12 November 2009

BiSNis RenTaL pLay sTaTioN

Peluang Usaha dan Bisnis Rental Play Station

Dunia game memang tidak pernah sepi dari peminat. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai dewasa menyukainya. Karena harga dari alat play station ini relatif mahal maka banyak dari pemain game lebih suka menyewa alat ini ditempat penyewaan, karena di anggap tempat penyewaan relative lebih murah, selain itu mereka juga bisa bermain secara beramai ramai bersama teman temannya yang membuat mereka tidak merasa bosan untuk memainkan permainan ini di bandingkkan mereka mempunyai alat playstation itu sendiri.

Bagi daerah yang sudah cukup banyak terdapat game center (bermain game secara online di internet), mungkin peluang usaha ini kurang dapat berkembang. Namun di tempat dimana sarana bermain di internet belum begitu dikenal umum maka peluang bisnis ini masih cukup menjanjikan dan dapat menghasilkan omset yang cukup besar.

Hal-hal Yang Diperlukan ;

  • Untuk memulai usaha ini maka penetuan lokasi yang strategis menjadi faktor yang cukup penting. Lingkungan perumahan dengan kelas ekonomi menengah mungkin adalah tempat yang paling pas untuk mengembangkan bisnis ini. Sebab mayoritas kalangan ekonomi menengah atas biasanya sudah memiliki alat permainan ini sehingga tidaklah tepat untuk memulai usaha ini di lingkungan ini.
  • Untuk ukuran ruangan anda dapat mulai dengan ruangan berukuran 3 x 4 meter mungki bisa lebih besar sekitar 4 x 4 atau 4 x 5 meter yang memungkinkan anda untuk memasang playstation lebih banyak. Sebenarnya bentuk ruangan yang memanjang adalah yang paling ideal untuk tempat atau rental penyewaan playstation ini, sehingga alat play station dan televisi dapat diletakkan disebelah kanan dan kiri ruangan.Lakukanlah survey kecil-kecilan di tempat penyewaan play station yang ada sehingga anda dapat mengetahui jenis-jenis permainan apa saja yang paling digemari oleh para pemain. Bila anda telah mendapatkan datanya maka jumlah kaset permainan yang paling digemari jumlahnya harus mencukupi bila seandainya cukup banyak pelanggan yang ingin melakukan permainan yang sejenis. Selain itu anda juga harus memiliki kaset cadangan apabila kaset rusak karena sering di gunakan sehingga anda tidak perlu repot untuk bolak balik membeli kaset pada tempat penjual kaset.
  • Untuk mengurangi jumlah uang yang anda harus keluarkan terutama untuk pembelian televisi maka ada baiknya bila anda membeli televisi dari merek yang kurang ternama namun dikenal cukup awet. Juga untuk mengantisipasi terjadinya gangguan terhadap peralatan elektronik yang digunakan maka ada baiknya anda memperkerjakan satu orang yang mengerti akan hal ini sekaligus sebagai pengawas tempat permainan. Kalau memungkinkan anda buatkan program dikomputer untuk memantau lama permainan masing-masing pesawat dan juga untuk kontrol keuangan yang masuk. Karena biasanya para pemain game ini cukup lama dalam melakukan aktifitasnya bermain game, maka tempat yang nyaman menjadi salah satu faktor pendukung dan paling penting dalam mengembangkan usaha ini. Hal ini juga menyangkut peralatan play station yang bekerja dengan baik, kaset yang cukup lengkap, tempat yang tidak sempit dan kipas angin.
  • Tersedianya tempat untuk jajan atau yang menjual makanan dan minuman juga menjadi faktor pelengkap tempat usaha anda. Selain membuat para pemain semakin lama berada ditempat anda cara ini juga akan memberikan tambahan pemasukan untuk anda.

Untuk lebih menarik bagi pelanggan mungkin anda dapat membuat sistem paket dan bonus. Misalnya jika mereka bermain selama dua jam atau lima jam maka akan ada bonus selama satu jam, atau jika mereka bermain satu jam dan mengumpulkan tiket sebanyak sepuluh tiket maka akan mendapatkan bonus bermain selama satu jam, atu jika anda menginginkan system member card bagi para pemain yang sering bermain jika menggunakan member card tersebut, maka akan mendapatkan potongan harga atau diskon sesuai kebijakan anda.

Untuk menghindari terjadinya masalah maka pengawasan di tempat usaha dan di sekitarnya dirasakan cukup perlu. Misalnya jangan sampai terjadi anak-anak ini berkumpul sambil minum miras atau bahkan narkoba. Karena bila hal ini sampai meresahkan masyarakat disekitar anda tidak menutup kemungkinan anda akan diminta untuk memindahkan tempat usaha anda. Atau jagalah tempat usaha anda agar tidak terjadi kehilangan barang seperti, kaset playststion, sandal atau sepatu para pemain yang sering rentan terjadi kehilangan.

Pangsa Pasar

Pangsa pasar dari usaha ini paling banyak datang dari anak-anak remaja yang mempunyai waktu luang.

Hal-hal Yang Diperlukan

Untuk memulai usaha ini maka penetuan lokasi menjadi faktor yang cukup penting. Lingkungan perumahan dengan kelas ekonomi menengah mungkin adalah tempat yang paling pas. Sebab mayoritas kalangan ekonomi menengah atas biasanya sudah memiliki alat permainan ini sehingga tidaklah tepat untuk memulai usaha ini di lingkungan ini. Untuk ukuran ruangan anda dapat mulai dengan ruangan berukuran 3 x 4 meter. Sebenarnya bentuk ruangan yang memanjang adalah yang paling ideal sehingga alat play station dan televisi dapat diletakkan disebelah kanan dan kiri ruangan. Lakukanlah survey kecil-kecilan di tempat penyewaan play station yang ada sehingga anda dapat mengetahui jenis-jenis permainan apa saja yang paling digemari oleh para pemain. Bila anda telah mendapatkan datanya maka jumlah kaset permainan yang paling digemari jumlahnya harus mencukupi bila seandainya cukup banyak pelanggan yang ingin melakukan permainan yang sejenis. Untuk mengurangi jumlah uang yang anda harus keluarkan terutama untuk pembelian televisi maka ada baiknya bila anda membeli televisi dari merek yang kurang ternama namun dikenal cukup awet. Juga untuk mengantisipasi terjadinya gangguan terhadap peralatan elektronik yang digunakan maka ada baiknya anda memperkerjakan satu orang yang mengerti akan hal ini sekaligus sebagai pengawas tempat permainan. Kalau memungkinkan anda buatkan program dikomputer untuk memantau lama permainan masing-masing pesawat dan juga untuk kontrol keuangan yang masuk.

Kendala

Semakin lama akan semakin banyak jenis usaha ini. Untuk itu anda perlu menyiasatinya agar tempat usaha anda tetap ramai di kunjungi pelanggan.

Tips

Karena biasanya para pemain game ini cukup lama dalam melakukan aktifitasnya maka tempat yang nyaman menjadi salah satu faktor penting dalam usaha ini. Hal ini menyangkut peralatan play station yang bekerja dengan baik, kaset yang cukup lengkap, tempat yang tidak sempit dan kipas angin.

Tersedianya makanan dan minuman juga menjadi faktor pelengkap tempat usaha anda. Selain membuat para pemain semakin lama berada ditempat anda juga akan memberikan tambahan pemasukan untuk anda.

Untuk lebih menarik bagi pelanggan mungkin anda dapat membuat sistem paket dan bonus. Misalnya jika mereka bermain selama lima jam maka akan ada bonus selama satu jam.

Untuk menghindari terjadinya masalah maka pengawasan di tempat usaha dan di sekitarnya dirasakan cukup perlu. Misalnya jangan sampai terjadi anak-anak ini berkumpul sambil minum miras atau bahkan narkoba. Karena bila hal ini sampai meresahkan masyarakat disekitar anda tidak menutup kemungkinan anda akan diminta untuk memindahkan tempat usaha anda.

BisNis DisTrO

Distro tentu saja merupakan salah satu unit bisnis yang kencang pertumbuhannya dalam lima tahun terakhir ini. Di berbagai kota di tanah air, kita banyak menemui distro-distro yang bermunculan. Distro ini tidak hanya muncul di kota provinsi, namun banyak juga yang muncul di level kota kabupaten atau kota kecil lainnya.

Salah satu keunikan distro adalah desain kaos-kaos mereka yang “khas distro” : keren, spesial dan berkelas. Selain itu untuk menjaga keunikannya, desain kaos mereka tidak diproduksi secara masal, melainkan hanya dalam hitungan ratusan atau bahkan maksimum 100 potong per model. Hal ini tentu saja membuat mereka selalu harus menciptakan desain-desain barunya setiap minggu.

Desain baru yang up to date tentu saja harus dijaga. Sebab begitu desain kaosnya tidak sesuai selera pasar, maka tentu kaos mereka akan tidak laku dipasaran.

Sebagai sebuah bisnis, usaha distro ini menjanjikan prospek yang baik; asal dikelola secara profesional dan selalu up to date modelnya. Selain itu, lokasi distro barangkali juga punya peran yang penting. Jika sebuah distro beradapada lokasi yang strategis, biasanya ia akan laku dan bertahan lama

Yang perlu dipersiapkan dan dipikirkan jika ingin membuka distro

MODAL

Untuk memulai bisnis ini tidak selalu memakan biaya besar. Yang penting nekat dan keinginan kuat untuk memulainya. Paling tidak siapkan modal Rp 10 juta – 15 juta untuk menyewa tempat.

PRODUKSI

Hampir seluruh distro mengambil bahan baku dari Bandung atau Ciledug. Khusus Bandung, kebanyakan mengambil di daerah Kopo. Pemilik distro hanya membuat desain dan pola, sementara urusan produksi serahkan saja sepenuhnya pada pabrik konveksi.

PROMOSI

Sebelum usaha berkembang, biasanya promosi hanya dari mulut ke mulut atau lewat spanduk atau leaflet. Jika sudah maju, bisa promosi lewat media massa atau sponsor acara atau artis.

DISTRIBUSI

Distro juga bisa menyalurkan produk ke kota-kota lainnya hingga mancanegara. Ini yang disebut konsinyasi atau bagi hasil dengan distro-distro merk lain dimana kita menitipkan barang. Untuk penjualan ke mancanegara biasanya dilakukan dengan sistem beli putus. Ongkos kirimnya di bagi dua dengan pembeli.

KEUNTUNGAN

Pendapatan kotor beragam. Keuntungan dibagi dua dengan distro yang menitipkan barangnya lewat konsinyasi tadi.