BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 12 November 2009

BisNis DisTrO

Distro tentu saja merupakan salah satu unit bisnis yang kencang pertumbuhannya dalam lima tahun terakhir ini. Di berbagai kota di tanah air, kita banyak menemui distro-distro yang bermunculan. Distro ini tidak hanya muncul di kota provinsi, namun banyak juga yang muncul di level kota kabupaten atau kota kecil lainnya.

Salah satu keunikan distro adalah desain kaos-kaos mereka yang “khas distro” : keren, spesial dan berkelas. Selain itu untuk menjaga keunikannya, desain kaos mereka tidak diproduksi secara masal, melainkan hanya dalam hitungan ratusan atau bahkan maksimum 100 potong per model. Hal ini tentu saja membuat mereka selalu harus menciptakan desain-desain barunya setiap minggu.

Desain baru yang up to date tentu saja harus dijaga. Sebab begitu desain kaosnya tidak sesuai selera pasar, maka tentu kaos mereka akan tidak laku dipasaran.

Sebagai sebuah bisnis, usaha distro ini menjanjikan prospek yang baik; asal dikelola secara profesional dan selalu up to date modelnya. Selain itu, lokasi distro barangkali juga punya peran yang penting. Jika sebuah distro beradapada lokasi yang strategis, biasanya ia akan laku dan bertahan lama

Yang perlu dipersiapkan dan dipikirkan jika ingin membuka distro

MODAL

Untuk memulai bisnis ini tidak selalu memakan biaya besar. Yang penting nekat dan keinginan kuat untuk memulainya. Paling tidak siapkan modal Rp 10 juta – 15 juta untuk menyewa tempat.

PRODUKSI

Hampir seluruh distro mengambil bahan baku dari Bandung atau Ciledug. Khusus Bandung, kebanyakan mengambil di daerah Kopo. Pemilik distro hanya membuat desain dan pola, sementara urusan produksi serahkan saja sepenuhnya pada pabrik konveksi.

PROMOSI

Sebelum usaha berkembang, biasanya promosi hanya dari mulut ke mulut atau lewat spanduk atau leaflet. Jika sudah maju, bisa promosi lewat media massa atau sponsor acara atau artis.

DISTRIBUSI

Distro juga bisa menyalurkan produk ke kota-kota lainnya hingga mancanegara. Ini yang disebut konsinyasi atau bagi hasil dengan distro-distro merk lain dimana kita menitipkan barang. Untuk penjualan ke mancanegara biasanya dilakukan dengan sistem beli putus. Ongkos kirimnya di bagi dua dengan pembeli.

KEUNTUNGAN

Pendapatan kotor beragam. Keuntungan dibagi dua dengan distro yang menitipkan barangnya lewat konsinyasi tadi.

0 komentar: